Kategori

Minggu, 31 Maret 2013

Kisah Sukses Raih Omzet Rp4,3 Milyar dari Berjualan Telur Ayam


Berbekal keuletan, ketekunan dan sikap pantang menyerah, Melati Fajarwati seorang pengusahamuda yang baru  berusia 20 tahun dari Pontianak, Kalimantantan barat telah sukses mengembangkan bisnis telur ayamnya. Usaha yang telah berkembang hingga ke pulau Jawa ini telah meraup omset hingga Rp 4,3 miliar per tahun.

Pengusaha ini menilai bahwa peluang untuk mengembangkan bisnis telur ayam organic ini sangat terbuka lebar terutama jenis ayan Arab atau ayam Balqis. Didukung dengan banyaknya lahan luas di Kalimantan Barat, semakin memudahkan Melati untuk mengembangkan bisnisnya apalagi pengelolaan bisnis ini pun juga tidak terlalu sulit.
Dalam memulai bisnisnya Melati memperoleh inspirasi dari peternakan ayam Balqis milik tetangganya pada saat mengikuti lomba kewirausahaan yang diselenggarakan oler Direktorat Perguuruan Tinggi Kementerian Pendidikan. Karena dinilai peluang bisnisnya cukup bagus, lantas Melati kemudian memproyeksikan peluang usaha ini. Berbekal pengalaman pada lomba sebelumnya, Melati kemudian mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan oleh Bank Mandiri yang kemudian berhasil ia menangkan. Uang hadiah dari hasil lomba tersebut kemudian ia gunakan sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usahanya.

Berbekal keuletannya kini ia dapat menghasilkan 4 ribu butir telur per harinya yang ia hargai sebesar Rp 2.500,00 per butirnya. Kini ia dapat memperoleh laba sekitar Rp 10 juta per harinya atau Rp 4,3 miliar per tahunnya. Usaha yang pantang menyerah inilah yang membuat Melati kini menjadi jutawan pada usia muda.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar